Sabtu, 21 Agustus 2010

Tips & Trik Hindari Penipuan Via Online

Maraknya jual beli di internetnya ternyata ada plus minusnya . Plusnya bagi seorang penjual sih barang dagangannya pasarnya luas dan tidak terbatas di satu daerah saja, melainkan seluruh indonesia bahkan dunia, dan plusnya bagi si pembeli, hanya tinggal buka laptop, komputer dan hp yang terkoneksi internet mereka bisa membeli barang yang mereka inginkan tanpa harus jauh-jauh kesana kemari.
Nah yang akan kita bahas sih disini adalah minusnya , untuk para penjual minusnya mungkin sedikit sekali yah, paling juga saat barang dalam masa pengiriman, kurir pengirimannya kurang hati-hati dan menimbulkan barang yang ia kirim pada pembeli rusak dan ia harus menggantinya.
Nah sedangkan untuk para pembelinya minusnya bisa bejibun alias banyak sekali . Pembeli bisa saja ditipu oleh segelintir orang tak bertanggung jawab yang mengaku jualan barang secara online padahal tidak. Umpama saja begini, duit udah ditransfer ke rekening penjual, eh ternyata barang yang dipesan tidak dikirim-kirimkan kepada si pembeli. Maraknya penipuan online ini bukan saja meresahkan pembeli barang-barang online saja, tapi juga meresahkan para penjual dan penggiat toko online yang benar-benar menjual barang berkualitas. Dengan banyaknya penjual di internet yang menipu para pembelinya, pembeli jadi enggan membeli barang via online (nah hal ini juga merugikan saya kan .
Beberapa waktu lalu saya juga pernah ketipu saat lagi gila-gilanya bermain zynga poker . Saat itu saya sedang membutuhkan chip dan browsing-browsing via online dan ketemulah sama website http://www.jualchipzynga.com/ setelah ngobrol ABCD dengan sang admin yang terlihat meyakinkan, lalu saya transfer sejumlah uang kepada dia. Ternyata eh ternyata setelah saya transfer tiba-tiba sang admin dihubungi via ym, telepon dan lain-lain tidak bisa. Ini benar-benar pengalaman yang sangat berharga bagi saya , meskipun memiliki website dan sang admin tampil meyakinkan pun tidak bisa jadi patokan bahwa toko online tersebut benar-benar terpercaya. Kesalahan saya tidak searching terlebih dahulu dan terlalu percaya pada sang admin tersebut, kejahatan pemilik website tersebut sudah sangat amat terkenal di internet. Mulai dari jual hp blackberry via http://batamshop.utoko.com/main/index/ dan juga http://www.blackberrybm.com/ , masih adalagi kejahatannya di online yang menjual barang di FJB Kaskus tapi penipuan . Pokoknya kalo ketemu website dengan no contactnya di 085251259111 itu penipuan deh pokoknya, ga usah percaya .
Sebaiknya sebelum membeli barang atau jasa via online, kita teliti dulu entah itu dari testimonial, resi pengiriman barang-barang sebelumnya dan juga rekening bank bersangkutan. Biasanya sebuah toko online yang benar-benar menjual barang dan bukan penipuan mempunyai banyak rekening bank atas nama yang sama. Ngomong-ngomong recomended seller bagi yang membutuhkan jasa pembuatan vector, desain dan yang berhubungan dengan itu, mungkin mas ndop alias mas dzofar adalah recomended seller untuk jasa tersebut. Selain cepat, hasil pengerjaannya juga bagus lo . Oke deh mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan , lebih berhati-hatilah saat bertransaksi via online.

Thankss buat kk by Bayu Mukti atas penjelasannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Visitor

Globe

INDONESIAxsystem Blog Copyright © 2009 Community is Designed by Bie Blogger Template